Theta : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2021)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Novita Dwi Andini (Universitas Negeri Jakarta)
Siti Nurjanah (Unknown)
Lukman El Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama masih rendah. Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti yaitu dikarenakan siswa secara pasif mengikuti pembelajaran dan hanya menghafal rumus tanpa mengetahui manfaatnya. Koneksi matematis penting untuk siswa karena kemampuan awal akan menentukan keberhasilan siswa untuk mencapai kesuksesan di tingkat sekolah selanjutnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual dianggap mampu membuat siswa tampil lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran lantaran pendekatan kontekstual pada prosesnya menghubungkan pengalaman siswa dengan subjek yang dipelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode library research atau penelitian kepustakaan. Pengumpulan data menggunakan sumber yang berasal dari buku, jurnal, dan skripsi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian melalui langkah pertama yaitu mereduksi data. Langkah kedua menyajikan data. Langkah terakhir yaitu pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis dengan menggunakan pendekatan kontekstual di tingkat sekolah menengah pertama. Kata kunci: kemampuan koneksi, koneksi matematis, pendekatan kontekstual

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

THETA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Theta: Jurnal Pendidikan Matematika is a peer-reviewed journal by Department of Mathematics of Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika is a collection of scientific articles in the fields of mathematics and mathematics ...