Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer
Volume 9, Issue 4, Year 2021 (October 2021)

Klasifikasi penyakit citra daun anggur menggunakan model CNN-VGG16

Moh. Arie Hasan (Department of Computer Science, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri. Jalan Kramat Raya No. 18, Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450|Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri)
Yan Riyanto (Department of Computer Science, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri. Jalan Kramat Raya No. 18, Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450|Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri)
Dwiza Riana (Department of Computer Science, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri. Jalan Kramat Raya No. 18, Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450|Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan klasifikasi citra penyakit pada daun anggur dengan menggunakan pengolahan citra. Proses pengolahan citra berupa segmentasi menggunakan algoritme k-means clustering dan proses ekstraksi fitur dengan menggunakan teknik transfer learning VGG16 serta klasifikasi menggunakan CNN. Dataset diambil dari Kaggle sejumlah 4000 citra daun anggur untuk empat kelas, yaitu daun dengan campak hitam, bercak daun, daun sehat, dan hawar daun. Citra dari Google sejumlah 100 gambar juga digunakan sebagai data uji di luar dataset. Hasil dari penelitian ini diperoleh akurasi pelatihan model CNN sebesar 99,50 %. Pengujian dengan menggunakan data uji menghasilkan akurasi sebesar 97,25 % sedangkan dengan menggunakan data citra uji di luar dataset diperoleh hasil akurasi sebesar 95 %. Metode pengolahan citra yang dirancang diharapkan dapat diterapkan dalam merancang sistem untuk melakukan identifikasi dan klasifikasi citra penyakit pada daun anggur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTSISKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom, e-ISSN: 2338-0403) adalah terbitan berkala online nasional yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia. JTSiskom menyediakan media untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan ...