Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer
Volume 9, Issue 2, Year 2021 (April 2021)

Sistem rekomendasi peminatan peserta didik baru pada kurikulum K-13 menggunakan metode profile matching, simple additive weighting, dan kombinasi keduanya

Muhammad Edi Iswanto (Master of Informatics, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281|Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Maria Ulfah Siregar (Master of Informatics, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281|Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Shofwatul 'Uyun (Master of Informatics, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281|Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Muhammad Taufiq Nuruzzaman (Master of Informatics, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281|Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Peminatan peserta didik dalam kurikulum 2013 dilakukan sebelum peserta didik memulai belajar di kelas X. Ketepatan dalam penentuannya diperlukan untuk memastikan peserta didik belajar sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Penelitian ini menerapkan tiga metode SPK, yaitu profile matching, SAW dan kombinasi keduanya, untuk memberikan rekomendasi peminatan siswa didik ini. Ketiga metode tersebut dikomparasikan menggunakan alternatif dan kriteria yang sama untuk mengetahui metode yang paling dominan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SPK dapat membantu kegiatan PPDB dengan akurasi 79,2 %. Dalam proses penentuan minat bagi peserta didik, metode kombinasi menjadi yang paling dominan dengan persentase sebesar 78 %. Penerapan SPK tidak hanya membantu proses peminatan menjadi lebih cepat, tetapi juga akurat. Hal ini dibuktikan dengan hanya terdapat 6 dari total 122 peserta didik yang memilih peminatan berdasarkan rekomendasi SPK mendapatkan nilai di bawah KKM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTSISKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom, e-ISSN: 2338-0403) adalah terbitan berkala online nasional yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia. JTSiskom menyediakan media untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan ...