Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Volume 30 Nomor 1 Mei 2021

Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar

Tantri Nur Aini (Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Sa’dun Akbar (Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Sri Estu Winahyu (Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 May 2021

Abstract

This study aims to describe the implementation and character values that grow in students through the participatory-based Adiwiyata program at SDN Bareng 3 Malang. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. Data collection techniques in research are interviews, observation, and documentation. The results showed that SDN Bareng 3 Malang has implemented a participatory-based Adiwiyata program under the standards of participatory-based environmental activities. The activities include (a) maintenance and maintenance of the school building and environment; (b) participating in environmental action activities with outside parties; (c) forge partnerships and utilize sources from various parties to enhance environmental learning. As for the character values that grow in students of SDN Bareng 3 Malang, namely cooperation, caring for the environment, being independent, creative, disciplined, nationalist, religious, and responsible. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan nilai-nilai karakter yang tumbuh pada diri siswa melalui program Adiwiyata berbasis partisipatif di SDN Bareng 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Bareng 3 Malang telah mengimplementasikan program Adiwiyata berbasis partisipatif sesuai dengan standar kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. Bentuk kegiatannya yaitu, (a) pemeliharaan serta perawatan gedung dan lingkungan sekolah; (b) mengikuti kegiatan aksi peduli lingkungan bersama pihak luar; (c) menjalin kemitraan dan memanfaatkan sumber dari berbagai pihak untuk meningkatkan pembelajaran lingkungan hidup. Adapun nilai karakter yang tumbuh pada diri siswa SDN Bareng 3 Malang, yaitu gotong royong, peduli lingkungan, mandiri, kreatif, disiplin, nasionalis, religius, dan tanggung jawab.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SD

Publisher

Subject

Education

Description

Periodically published twice a year in May and November ( ISSN 0854-8285 ) ( E ISSN 2581-1983 ) ; contains writings on conceptual ideas, studies and application of theories, practical writing, and the results of educational research and teaching of elementary ...