Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

Pengembangan sumber belajar LKM untuk calon guru kimia beralur discovery learning pada mata kuliah strategi pembelajaran kimia

Erviyenni Erviyenni (Universitas Riau)
Betty Holiwarni (Universitas Riau)
Fitri Aldresti (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Banyak calon guru maupun guru mengalami kesulitan dalam mempersiapkan perangkat terintegrasi model pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum, yang mengharuskan guru melakukan kegiatan kelas berpusat kepada peserta didik. Guru pada umumnya dengan mudah bisa menentukan sintaks suatu model namun belum mampu menerapkan dalam suatu desain pembelajaran. Pengalaman membimbing mahasiswa calon guru dan peserta PPG selama beberapa tahun juga menunjukkan hal yang sama. Untuk memecahkan masalah ini dipandang perlu  pengembangan perangkat pada mata kuliah strategi pembelajaran kimia berupa LKM yang valid, praktis dan efektif pada materi pokok pengembangan pembelajaran dengan menerapkan model yang dipilih sesuai materi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research Development, yang terdiri dari 4-P yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan dan pendesiminasian. Penelitian yang dilaksanakan hanya sampai pada tahap pengembangan. Data penelitian didapatkan dari hasil validasi pakar pendidikan kimia, observasi, wawancara dan analisis hasil uji coba. Hasil penelitian menunjukkan perangkat LKM beralur Discovery Learning yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruksi. Hasil uji coba memenuhi kriteria praktis karena mahasiswa dapat menggunakan LKM dengan baik tanpa kendala yang berarti dan melalui angket, mahasiswa memberikan respon positif terhadap LKM.

Copyrights © 2021