Informatika Mulawarman
Vol 16, No 1 (2021): Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Perancangan Augmented Reality dengan Metode Marker Card Detection dalam Pengenalan Karakter Korea

Nurrisma Nurrisma (Universitas Syah Kuala)
Rizal Munadi (Universitas Syiah Kuala)
Syahrial Syahrial (Universitas Syiah Kuala)
Ernita Dewi Meutia (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2021

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan objek nyata dan objek virtual dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) secara real time. Pengembangan aplikasi AR telah banyak dilakukan pada berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan yaitu pada pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pengenalan karakter huruf Korea yang berjumlah 24 huruf pada sistem operasi Android. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity 3D, Vuforia dengan algoritme FAST corner detection dan objek 3D yang dibuat menggunakan Blender 3D. Aplikasi ini memanfaatkan metode marker based tracking terhadap marker yang dirancang, yaitu marker card detection. Marker ini digunakan untuk menentukan titik munculnya objek 3D. Berdasarkan hasil pengujian, marker yang dirancang mampu menangkap objek 3D pada jarak 270 cm. Pengujian pengenalan karakter Korea terhadap 30 pengguna menunjukkan peningkatan sebesar 70% dalam memahami karakter Korea. Hasil pengukuran respon terhadap aplikasi dengan menggunakan skala Likert, diperoleh skor 82,6% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa AR dapat digunakan sebagai media alternatif untuk pembelajaran bahasa asing, khususnya pengenalan karakter Korea.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal Informatics Mulawarman Is a means for researchers in the field of computer science to publish his research works. First published in 2007 with a two-yearly published period in February and September. Editorial Board Informatika Mulawarman consists of lecturers of computer science in the ...