JST ( Jurnal Sains Terapan )
Vol 6, No 2 (2020): JST (Jurnal Sains Terapan)

Media Pembelajaran Interaktif Jarak Jauh Untuk Laboratorium Video Broadcasting Berbasis Virtual Reality Kolaboratif

Moh. Zikky (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Dwi Susanto (Departemen Teknologi Multimedia Kreatif, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Irfan Ramadhi (Departemen Teknologi Multimedia Kreatif, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2020

Abstract

The current covid-19 pandemic demands us that distance learning must be operated and defined as well as possible for a while. No choice to attend the real classroom. A quite complicated problem is how to present practicum learning and laboratory work (especially for vocational education) in online media?. So, this application here to answer by presenting an interactive virtual laboratory which can be implemented with collaborative practitioners remotely. With Virtual Reality (VR) technology which is synchronized on the internet, the interaction between the supervisor and the practitioners (students who are practicing) are presented with avatar characters who are gathered in a virtual world. Beside they able to communicate with each other using voice, their avatars will also be presented in the virtual room of broadcasting laboratory as a team that capable to do practical work together. Furthermore, their avatars can shake hands, communicate with gestures, and all things look likes happens in the real- broadcasting laboratory. TKhe broadcasting laboratory practicum activities here include virtual cameramen, video switching controllers, and manager or producer who organize these video-broadcasting activities, all of those activities will be presented with collaborative-remote virtual activities. By using the VR plugin on Steam, several multiplayer library packages on the Unity game engine, as well as character creation built with good inverse-kinematics rigging. Each player / user 3D Avatar character can be presented realistically and naturally.Keywords: virtual broadcasting laboratory, distance learning, virtual reality, online practicum.ABSTRAKMasa pandemi covid 19 saat ini menuntut kita agar pembelajaran jarak jauh bisa dilakukuan dengan interaktif dan sebaik mungkin. Permasalahan yang cukup rumit adalah bagaimana menghadirkan pembelajaran praktikum dan kerja-kerja laboratorium (terutama untuk pendidikan vokasi) dalam media daring. Maka perangkat ini hadir untuk menjawabnya dengan menghadirkan laboratorium virtual interaktif yang bisa dilakukan dengan kolaborasi praktikan dalam jarak jauh. Dengan teknologi Virtual Reality (VR) yang disinkronisasi dalam jaringan internet, interaksi antara pembimbing dengan para praktikan (para siswa/mahasiswa yang sedang melakukan praktek) disini dihadirkan dalam bentuk karakter avatar yang sedang berkumpul dalam dunia virtual. Masing-masing mereka selain dapat saling berkomunikasi menggunakan suara, avatar mereka juga akan dihadirkan dalam ruang lab broadcasting virtual sebagai satu tim yang mampu melakukan kerja praktek secara bersama. Bahkan avatar mereka bisa saling bersalaman, berkomunikasi dengan gerak gestur, dan segala hal seperti layaknya kejadian yang terjadi di laboratorium broadcasting dalam dunia nyata. Kegiatan praktikum laboratorium broadcasting disini meliputi pengarah kamera virtual, pengatur switching video, dan menejer atau produser yang mengatur jalannya kegiatan broadcasting tersebut, yang semuanya akan dihadirkan dalam bentuk aktivitas virtual secara kolaboratif-jarak jauh. Dengan menggunakan plugin VR pada Steam, beberapa paket library multiplayer pada game engine Unity, serta pembuatan karakter yang dibangun dengan penulangan (rigging) kinematika terbalik yang baik. Karakter 3D Avatar masing-masing pemain/pengguna mampu dihadirkan dengan realistis dan lebih natural.Kata kunci :  laboratorium broadcasting virtual, pembelajaran jarak jauh, virtual reality, praktikum daring.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jst

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences Other

Description

JST (Jurnal Sains Terapan), dengan ISSN 2477-5525 (media online) dan 2406-8810 (media cetak) adalah media publikasi hasil penelitian dibidang Social Cience, Sains Terapan dan Matematika ...