JIES: Journal of Islamic Economics Studies
Vol. 2 No. 2 (2021): Juny

Analisis Persepsi Pedagang Muslim Dalam Memilih Produk Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Pedagang Muslim Kawasan Makam Gusdur Tebuireng Jombang)

Andi Zamroni Azhar (Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng)
Ach Yasin (Universitas Negeri Surabaya)
Athi` Hidayati (Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Lembaga Keuangan Syariah ialah lembaga beserta usaha pokok memberikan pembiayaan dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang dengan prinsip pokok syariah, untuk menolong umat muslim dari riba, namun masih banyak pedagang muslim yang belum menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Maksud reset ini yaitu untuk mengenal persepsi dan motivasi pedagang muslim dalam memilih produk-produk lembaga keuangan syariah. Pendekatan penelitian ini memakai kualitatif. pengumpulan data dengan wawancara. populasi penelitian ini adalah para pedagang yang ada di Jombang. Hasil Penelitian menunjukkan para pedagang bersepsi bahwa LKS khususnya pada BMT memiliki kontribusi yang sangat besar bagi pemberdayaan maupun pengembangan usaha kecil, tetapi pedagang berkeluh kesah tentang prosedur dalam peminjaman di LKS. Kata Kunci : Persepsi, Lembaga Keuangan Syariah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jies fokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis Islam dalam bentuk pemikiran/ide konseptual dan hasil penelitian meliputi: Filantropi Islam (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) Manajemen Rantai Pasokan Halal Etika Bisnis dan Kewirausahaan Islami Perbankan dan Keuangan Islam ...