Jurnal e-Komunikasi
Vol 8, No 2 (2020): VOL 8, NO 2 AUGUST 2020

Pesan Komunikasi Kesehatan pada Posting Instagram Alodokter dan Halodoc

Ribka Kinanti Maharani Kassa (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Titi Nur Vidyarini (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Vita Monica (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran umum dan perbandingan pesan komunikasi kesehatan pada posting Instagram Alodokter dan Halodoc. Instagram merupakan media sosial yang digunakan oleh Alodokter dan Halodoc sebagai media untuk melakukan komunikasi pemasaran. Penggambaran isi pesan komunikasi kesehatan dilihat melalui analisis isi pada posting media sosial Instagram. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa posting Instagram Alodokter dan Halodoc melakukan frekuensi unggahan paling sering Senin dan Rabu. Elemen struktur pesan yang paling banyak ditemukan adalah pola penyimpulan tersurat. Elemen gaya pesan yang paling banyak ditemukan adalah mudah dimengerti dan perbendaharaan kata. Elemen daya tarik pesan yang paling banyak ditemukan adalah rasional. Posting disajikan melalui media mage, slideshow, caption dan hashtag. Respon atas posting Alodokter dan Haldoc dapat dilihat melalui jumlah likes dan komentar dengan dominasi dari jenis komentar positif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...