Jurnal e-Komunikasi
Vol 8, No 2 (2020): VOL 8, NO 2 AUGUST 2020

Personal Branding Malvava Make Up Artist dalam Akun Instagram @Malvava

Melina Yanti (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Felicia Goenawan (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Vita Monica (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui personal branding Malvava Make Up Artist dalam akun Instagram @malvava. Malvava Make Up Artist adalah salah satu make up artist yang terkenal di Surabaya. Untuk bersaing di dalam dunia bisnis make up artist, Malvava perlu menampilkan diri secara unik dalam setiap melakukan promosi. Hal ini bertujuan agar Malvava dapat menonjol daripada kompetitor-kompetitornya. Proses membentuk persepsi masyarakat terhadap diri Malvava inilah yang disebut dengan personal branding. Untuk menampilkan dan mengkomunikasikan siapa dirinya, Malvava menggunakan media Instagram yang merupakan satu- satunya media promosi bisnis make upnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Malvava telah membangun personal brandingnya dengan sangat baik dan jujur sesuai dengan value dan kepribadian dirinya sendiri. Malvava telah menerapkan 8 konsep pembentuk personal branding yaitu, spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, visibilitas, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Namun tidakdapatdipungkiribahwastylemakeupMalvavatetapadalahhalpertamayangakandijadikan rujukan klien dalam menentukan pilihan mereka. Namun ke pribadian dan attitude yang baik yang ditampilkan oleh Malvava di dalam Instagramnya pun secara tidak langsung juga akan dapat mempengaruhi persepsi para calon klien terhadapnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...