Jurnal e-Komunikasi
Vol 9, No 1 (2021): VOL 9, NO 1 FEBRUARY 2021

Analisis Isi Penggambaran Media Online Detik.Com terhadap Citra PT Djarum Pada Saat Krisis Kasus KPAI

Jessica Ika Samudra (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Titi Nur Vidyarini (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Vita Monica (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra PTDjarum yang terdapat dalam pemberitaan Detik.com pada saat kasus dengan KPAI. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori citra dengan elemen primary impression, familiarity, perception, preference, dan position yang dibuat oleh Marita Vos. Selain itu ada pula variabel tambahan yakni narasumber berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra PT Djarum dalam sampel yakni 58 berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen citra PT Djarum paling banyak digambarkan melalui elemen Primary Impression, di mana pengenalan masyarakat terhadap perusahaan. Elemen ini secara dominan ditunjukkan melalui indikator tanggung jawab sosial perusahaan, yaitu tanggung jawab PT Djarum mengenai tanggung jawab perusahaan pada saat krisis. Selain itu, sebagian besar pemberitaan di Detik.com mengambil narasumber dari eksternal perusahaan, khususnya artis, mantan atlet, dan politikus.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...