Jurnal e-Komunikasi
Vol 8, No 2 (2020): VOL 8, NO 2 AUGUST 2020

Strategi Komunikasi Online Public Relations Tourism Information Center (TIC) Surabaya dalam Melakukan Komunikasi Pariwisata di Kota Surabaya

Joanna Kusumadewi Suwito (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Judy Djoko Wahjono Tjahjo (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Astri Yogatama (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi online Public Relations (PR) Tourism Information Center (TIC) Surabaya dalam melakukan komunikasi pariwisata di Surabaya. Tahun 2018, Kota Surabaya sebagai Kota Jasa dan Perdagangan memperoleh penghargaan dari Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award sebagai kota di bidang pariwisata terbaik di Indonesia. TIC Surabaya sebagai media informasi dan media promosi pariwisata merupakan praktisi yang menjalankan aktivitas PR sebagai representasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Pandemi Covid-19 memaksa TIC Surabaya menutup kantor sementara sehingga upaya menjalin relasi dengan khalayak hanya dilakukan melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi online PR yang merujuk pada konsep strategi media sosial dari Karen Freberg terdapat lima tahap strategi dan TIC Surabaya telah melakukan empat di antaranya. Terdiri dari membuat perencanaan strategis untuk media sosial, penulisan strategis untuk media sosial, lalu membuat, mengelola dan kurasi konten melalui akun media sosial Instagram @surabayasparkling, Twitter @TICSby dan Facebook Official Surabaya Tourism Information Center serta melakukan pengukuran dan evaluasi konten media sosial. Menghasilkan pula temuan konsep bahwa perencanaan awal tidak selalu dapat diimplementasikan apabila terjadi situasi tidak terduga yang mempengaruhi kebijakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...