Jurnal e-Komunikasi
Vol 8, No 2 (2020): VOL 8, NO 2 AUGUST 2020

Efektivitas Media Sosial Instagram Kedai Rhythm Surabaya

Leci Illona Telaumbanua (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Felicia Goenawan (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Astri Yogatama (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas iklan di instagram Kedai Rhythm Surabaya. Media sosial instagram menjadi salah satu komunikasi pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi produk dan menjangkau customer dengan cakupan yang lebih luas. Efektivitas iklan diukur menggunakan metode pengukuran Customer Response Index (CRI). Metode CRI mengukur respon followers instagram Kedai Rhythm mulai dari tahap awareness, comprehend, interest, intention, hingga tahap action. Dalam penelitian ini, efektivitas digambarkan dalam teori Hierarchy of Effects juga didukung dengan teori komunikasi pemasaran serta teori mengenai iklan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah non-probability sampling dan purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini bahwa iklan instagram Kedai Rhythm efektif dan berhasil memenuhi tujuan yang ingin dicapai Kedai Rhythm yaitu pada awareness 85%, comprehend 83%, interest 100%, intention 100%, dan action 82%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...