Jurnal e-Komunikasi
Vol 9, No 2 (2021): VOL 9, NO 2 SEPTEMBER 2021

Strategi Impression Management Erick Thohir sebagai Menteri BUMN melalui Akun Instagram @Erickthohir

Theresia Ariyani Hariyono (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Gatut Priyowidodo (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Titi Nur Vidyarini (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Impression management atau manajemen kesan merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh individu untuk mendapatkan kesan yang diharapkan dirinya di mata publik. Setiap individu menginginkan dirinya memiliki kesan positif dan baik di mata setiap orang, termasuk Erick Thohir sebagai Menteri BUMN. Sangat penting bagi Erick Thohir melakukan strategi impression management untuk menciptakan kesan baik di mata publik terlebih karena jabatan sebagai Menteri BUMN yang masih baru saja dilantik serta namanya diterpa isu keterlibatan dalam kasus Jiwasraya dan isu titipan jabatan di Kementerian BUMN. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat rumusan masalah bagaimana strategi impression management Erick Thohir sebagai Menteri BUMN melalui Akun Instagram @Erickthohir selama periode waktu 23 Oktober 2019 hingga 31 Agustus 2020. Peneliti melakukan coding terhadap pesan verbal baik di postingan berupa foto, video, dan caption yang berkaitan dengan kinerja serta aktivitas Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, sebanyak 165 postingan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif dengan menggunakan strategi impression management dari Jones & Pittman (1982), yaitu : ingratiation, intimidation, self promotion, exemplification, dan supplication. Hasil dan temuan peneliti pada penelitian ini adalah strategi yang lebih sering digunakan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dalam akun Instagram @Erickthohir adalah self promotion, dimana dirinya yang belum satu tahun menjabat sebagai Menteri BUMN menginginkan dirinya dikenal sebagai sosok dengan banyak prestasi. Strategi ini ditunjukkan secara dominan melalui sub indikator mengungkapkan kompetensi yang telah dilakukan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...