Jurnal e-Komunikasi
Vol 8, No 2 (2020): VOL 8, NO 2 AUGUST 2020

Citra Garuda Indonesia Pasca Kasus Penyelundupan Harley Davidson di Detik.Com Dan Tribunnews.Com

Genesia Tifany Tanzil (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Otto Bambang Wahyudi (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Astri Yogatama (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra Garuda Indonesia yang terdapat dalam pemberitaan media online Detik.com dan Tribunnews.com pasca kasus penyelundupan Harley Davidson di Garuda Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori citra dengan indikator primary impression, familiarity, perception, preference, dan position yang di ungkapkan oleh Maria Vos. Selain itu ada pula variabel tambahan yakni narasumber berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra Garuda Indonesia dalam sampel yakni sebanyak 57 berita dari Detik.com dan 59 berita dari Tribunnews.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen citra Garuda Indonesia paling banyak digambarkan melalui elemen citra familiarity, dimana elemen tersebut menunjukkan pengenalan media terhadap perusahaan. Selain itu, sebagian besar pemberitaan di Detik.com dan Tribunnews.com mengambil narasumber dari eksternal perusahaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...