SELAMI IPS
Vol 13, No 2 (2020): Selami IPS

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, PEMBELAJARAN, DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINONGKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Hamuni, Hamuni (Unknown)
Hijrah, Wa Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Binongko dapat ditingkatkan melalui  model pembelajaran kooperatif tipe  Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Binongko.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi:perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung presentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajaar siswa selama proses pembelajaran.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Pkn di kelas VIII SMP Negeri 1 Binongko. Halini dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan baik dari segi proses maupun hasil dalam penelitian ini. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 80% dan pertemuan kedua sebesar 86,66% meningkat pada siklus II menjadi 87% pada pertemuan pertama dan 93,33% pertemuan kedua. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 60% dan pertemuan kedua sebesar 66,66%meningkat pada siklus II menjadi 80% pada pertemuan pertama dan 86,66 pada pertemuan kedua. Dari segi hasil yaitu hasil belajar siswa, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77,09 meningkat pada siklus II menjadi 81,46%.                  Hasil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pada kelas VIII SMP Negeri 1 Binongko.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

selami

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal Description : SELAMI IPS ialah jurnal yang memberi perhatian pada masalah-masalah sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan Humaniora terutama dalam kaitannya dengan pembangunan pendidikan nasional dan pengembangan berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat. SELAMI IPS merupakan jurnal ...