GANESHA CIVIC EDUCATION JOURNAL
Vol 3 No 2 (2021): October, Ganesha Civic Education Journal

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 BULELENG

Diah LestarI, N.P.A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PPKn pada anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa tunagrahita kelas X di SLB Negeri 2 Buleleng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Pada pelaksanaan pembelajaran guru melakukan kegiatan persiapan dari membuat RPP, mempersiapkan materi pembelajaran dan mempersiapkan media pembelajaran. Selanjutnya kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap. Pertama pembukaan dilakukan guru dengan memberi salam kepada peserta didik, melakukan doa bersama, menanyakan kehadiran peserta didik, menyanyikan lagu wajib dan apersepsi. Pada tahap kedua yaitu inti pembelajaran dilakukan secara klasikal mengikuti kemampuan dan kebutuhan siswa tunagrahita menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Pada tahap ketiga yaitu penutup, guru menyimpulkan materi pembelajaran, memberikan pekejaan rumah, dan menutup pembelajaran dengan doa dan mengucapkan salam. 2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PPKn di SLB Negeri 2 Buleleng adalah metode ceramah, menyanyi, demonstrasi, penugasan dan tanya jawab.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

GANCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Ganesha Civic Education Journal jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang ...