Anak prasekolah yang sedang berada ditahap gemar mengeksplor hal-hal baru banyak ditemukan menggunakan gadget untuk bermain sehingga jarang berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor dampak penggunaan gadget dengan tingkat kematangan sosial anak prasekolah di Kelurahan X. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah ibu dengan anak prasekolah sebanyak 195 responden. Uji statistik menggunakan uji Kendall’s tau-c. Hasil penelitian menyatakan kurangnya tingkat kematangan sosial anak prasekolah sebanyak 56.9%. Faktor Karakteristik ibu juga diteliti dan hasilnya menyatakan tidak adanya hubungan usia ibu (p = 0,094) , pendidikan ibu (p = -0,074), pekerjaan (p = -0,53) , paritas (p = -0,38), pengetahuan (p = -0,068) dan ada hubungan signifikan antara lama bermain gadget (p = 0,042) dengan tingkat kematangan sosial anak prasekolah. Peneliti berharap ibu dapat lebih memperhatikan dan memantau setiap perkembangan dan kematangan sosial anak sejak dini.
Copyrights © 2021