Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 18, No 2 (2020)

Model Komunikasi Lanjut Usia di Rumah Sakit Umum Daerah Sleman

Reni Maritasari (Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Puji Lestari (Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Angka Harapan Hidup (AHH) DIY menduduki urutan pertama di Indonesia, yaitu 73,62 tahun, sedangkan AHH lansia Kabupaten Sleman tahun 2015-2018 di atas standar nasional, yaitu 70,07 tahun. Rumah Sakit Uumum Daerah (RSUD) Sleman satu-satunya rumah sakit yang membentuk kelas lansia bahagia dan sehat di DIY karena mengupayakan kesejahteraan dan kebahagian lansia, hal ini berlandaskan hasil AHH. Tujuan penelitian untuk menemukan model komunikasi lansia dan menganalisis unsur tumbuh kembang lansia dengan mempertimbangkan segi psikologis dan segi kesehatan lansia di RSUD Sleman. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data indepth interview, FGD, laporan kegiatan RSUD Sleman. Hasil penelitian menemukan model komunikasi lansia dalam peningkatan angka harapan hidup, terdiri dari unsur pengirim, encoding, pesan, saluran media, decoding, penerima, umpan balik, gangguan, bidang pengalaman, dan pertukaran makna. Kelas lansia memerlukan komunikasi kesehatan bersama dokter, tenaga kesehatan, dan rohaniawan sebagai komunikator. Unsur tumbuh kembang dari segi psikologis dan segi kesehatan yaitu kognitif, motorik, sosial, kemandirian, dan spiritual. Pendekatan konteks komunikasi lansia yaitu fisik, psikologis, sosial, dan spiritual sebagai pendukung. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa model komunikasi lansia dari segi psikologis dan kesehatan yang dapat diterapkan pada rumah sakit lain sebagai kebijakan baru dalam unsur tumbuh kembang lansia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...