Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 18, No 3 (2020)

Digital Media Relations Pendekatan Public Relations dalam Menyosialisasikan Social Distancing di Kota Bandung

Dasrun Hidayat (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Jl. Sekolah International Nomor 1-2, Antapani, Bandung, Jawa Barat, 40282, Indonesia)
Leili Kurnia Gustini (Politeknik LP3I Bandung Jl. Pahlawan No.59, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40123, Indonesia)
Mega Puspa Dias (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Jl. Sekolah International Nomor 1-2, Antapani, Bandung, Jawa Barat, 40282, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Pendekatan public relations pemerintah Kota Bandung dalam menyampaikan informasi social distancing merupakan fokus penelitian ini. Fenomena ini dikaji karena media digital masif digunakan sehingga membuka peluang terbangunnya digital media relations. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan public relations melalui digital media relations dalam menyosialisasikan kebijakan social distancing. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal holisitik. Teknik pengumpulan data primer melalui wawancara dengan masyarakat Kota Bandung sebanyak delapan orang. Data juga diambil secara sekunder dari media sosial @humasbdg. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi, deskripsi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa public relations pemerintah Kota Bandung memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan social distancing. Kontribusi tersebut melalui program sosialisasi dengan menggunakan pendekatan media digital. Media yang dimaksud adalah media sosial dengan akun resmi @humasbdg. Akun tersebut digunakan dibeberapa jenis media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Platform media sosial digunakan sebagai strategi kampanye social distancing melalui pendekatan digital media relations. Pendekatan ini mampu membangun dukungan masyarakat Kota Bandung dalam menjalankan social distancing. Kontribusi penelitian ini berupa rekomendasi kebijakan baru kepada pemerintah Kota Bandung dalam merumuskan media digital sebagai strategi sosialisasi kebijakan lainnya terkait pandemi COVID-19.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...