Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 11, No 2 (2013)

Strategi Marketing Public Relations Radio Q Yogyakarta Menggunakan Program Off Air

Neni Widhi Arni (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta Jl. Babarsari No. 2 Tambakbayan Yogyakarta 55282, Telp. (0274) 485268)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2013

Abstract

Dalam menghadapi persaingan antar stasiun radio di Yogyakarta, Strategi Public Relation Public Relations merupakan faktor penting bagi sebuah stasiun radio. Strategi Public Relations Public Relations yang digunakan tidak hanya dapat dilakukan melalui kegiatan siaran udara, tetapi untuk mendukung stasiun radio agar tetap efektif dan aktif dalam dunia bisnis penyiaran radio, Strategi Public Relations Public Relations yang menggunakan program off air juga perlu dilakukan. Penelitian ini bertajuk Public Relations Public Relations Strategy of the Radio Q Yogyakarta dengan menggunakan Program Off Air. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Public Relations Public Relations yang digunakan oleh Radio Q dan untuk menggambarkan kegiatan off air yang telah dilakukan oleh Radio Q Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data telah dilakukan melalui wawancara langsung dengan informan, pengamatan langsung, dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, Public Relations Public Relations melalui rencana off air events yang diterapkan oleh Radio Q telah dilakukan dengan mengadakan pertemuan, menetapkan anggaran, dan menentukan tujuan dari kegiatan off air. Strategi Pemasaran Humas yang diadopsi oleh Radio Q dilakukan melalui beberapa pendekatan, termasuk publikasi media seperti brosur, papan reklame, spanduk, barang dagangan, seragam, kartu identitas, mobil kantor, dan surat kabar. Strategi Public Relations Humas Radio Q Public Relations telah dilakukan dengan baik. Hal ini terbukti dari banyaknya kegiatan off air yang dilakukan oleh Radio Q yang meningkat setiap tahunnya. Selain itu, pendapatan perusahaan dari acara off air pada tahun 2008 hingga 2011 (Januari-Mei) juga menunjukkan peningkatan. Jumlah kegiatan off air pada tahun 2008 sebanyak 9 event dengan total pendapatan 50 juta rupiah, pada tahun 2009 sebanyak 12 kegiatan off air dengan total pendapatan sebesar 65 juta rupiah, pada tahun 2010 jumlah kegiatan off air yang telah dibuat adalah 19 event dengan total pendapatan sebesar 80 juta rupiah dan juga 2011 dari periode Januari hingga Mei jumlah kegiatan off air diambil sebanyak 5 event dengan sementara pendapatan 13 juta rupiah.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...