Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PAI melalui metode diskusi pada siswa kelas XII RPL-A di SMK Negeri 2 Cimahi. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas XII RPL-A di SMK Negeri 2 Cimahi Tahun 2017?, dan (2) Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa Kelas XII RPL-A di SMK Negeri 2 Cimahi Tahun 2017? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Temun penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa di SMK Negeri 2 Cimahi, pada siklus I 13,67 siklus II 15,7 dan siklus III 17,87. Sedangkan untuk prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa pra sikus 56,72 siklus I 59,82 siklus II 68,72 dan siklus III 73,96. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas XII RPL-A di SMK Negeri 2 Cimahi.
Copyrights © 2020