Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 9, No 1 (2021)

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Hukum Archimedes dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Shella Rizki Yuliana (Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas PGRI Palembang)
Patricia H.M Lubis (Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas PGRI Palembang)
Sugiarti Sugiarti (Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi hukum Archimedes dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Valid dan Praktis. di SMA Pembina Palembang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 Motode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Davelopment). Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, wawancara, dan angket. Teknik analisis pengambilan data yang digunakan adalah validasi, one to one, dan small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada materi hukum archimedes dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di SMA Pembina Palembang Tahun Ajaran 2020/2021 adalah LKS yang dilakukan pada kategori valid dengan hasil total 4,38 termasuk dalam kategori valid. Pada tahap One to one diperoleh hasil total dengan skor 0,70 termasuk dalam kategori Praktis dan pada tahap Small group diperoleh hasil total dengan skor 0,69 termasuk dalam kategori Praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...