INTEK: Informatika dan Teknologi Informasi
Vol. 4 No. 1 (2021)

Analisis Konsumsi Internet pada Gim Battle Royale Berbasis Konsol Selama Periode Kenormalan Baru di Jakarta

Wandy Wandy (Universitas Sampoerna)
Muhammad Agni Catur Bhakti (Universitas Sampoerna)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Bermain gim di konsol merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di rumah selama periode kenormalan baru di Jakarta. Bermain gim daring memerlukan koneksi Internet dengan kuota dan kecepatan Internet yang memadai. Lebih khusus pada gim daring beraliran Battle Royale seperti Apex Legends dan Fortnite yang ramai dengan partisipasi pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah kuota Internet yang dikonsumsi dalam 1 match gim daring, dan berapa jumlah bandwidth Internet yang digunakan saat bermain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang direkam dan diolah secara mandiri, serta pengukuran secara deskriptif dengan sampel non-probabilistik. Didapati bahwa dalam 1 kali bermain Apex Legends mengkonsumi kuota Internet rata-rata 37,96 MB dan Fortnite di 10,16 MB. Kedua gim ini hanya memanfaatkan bandwidth Internet rata-rata di bawah 6,5% selama pengujian. Hal ini menunjukkan bahwa kedua gim ini cukup ramah kuota dan ringan untuk dimainkan pada konsol gim dengan menggunakan operator seluler prabayar di Jakarta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

intek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

Focus and Scopes INTEK Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi (INTEK) is a peer-reviewed Journal of Information and Computer Sciences published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. This journal publishes two times a year (May and November). INTEK is a media for researchers, academics, and ...