AT-Turost: Journal of Islamic Studies
Vol 6 No 2 (2019): Agustus 2019

Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

imam baihaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Penggunaan model pembelajaran pada proses pembelajaran merupakan hal yang utama. Ketika guru didalam kelas pada pembelajaran PAI tidak dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif maka ini berdampak pada hasil pembelajaran siswa yang menurun. Maka dari itu penelitian yang akan dilakukan bertujuan untuk menggunakan model pembelajaran yang inovatif, seperti model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini diterapkan di SMA Ibrahimy Sukorejo dengan subjek sebanyak 30 siswa di kelas X. Desain penelitian didasarkan pada desain hopkins yang melalui empat tahapan yaitu observasi, perencanaan, penerapan, refleksi. Untuk memperoleh data penelitian maka peneliti menggunakan instrumen tes objektif pilihan gandak, observasi dan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu 65,5% sebelum penelitian 95,5% setelahnya. Dimasukkannya studi ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion

Description

At-Turost : Journal of Islamic Studies is a peer-reviewed journal to discuss and spread original and critical analysis on various islamic studies issues. The journal publishes articles of interest to researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in ...