Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan
Vol 16, No 2 (2020): Edisi November 2020

ANALISIS IMPLEMENTASI AGGREGATE PLANNING UNTUK MEMENUHI PERUBAHAN PERMINTAAN KONSUMEN DI PT PIC

Kirana, Desty Hapsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Perencanaan agregat atau aggregate planning merupakan sebuah teknik untuk memperkirakan jumlah output yang akan diproduksi untuk memenuhi permintaan selama periode perencanaan jangka menengah (3 sampai 18 bulan) ke depan yang disesuaikan dengan kapasitas produksi yang dimiliki oleh perusahaan. Pemanfaatan sumber daya perusahaan secara optimal merupakan hal yang diperhitungkan dalam perencanaan agregat agar dapat mencapai kapasitas yang efektif dan efisien yang dibuat berdasarkan peramalan permintaan di masa yang akan datang.Berdasarkan perhitungan atau perencanaan agregat yang telah dilakukan dengan menggunakan data penjualan tahun 2020 dan dengan menggunakan strategi-strategi pada perencanaan agregat, diketahui bahwa strategi yang paling baik yang dapat digunakan dalam perencanaan produksi perusahaan untuk tahun 2021 yaitu strategi mixed strategy, karena strategi ini memiliki biaya produksi yang paling kecil jika dibandingkan dengan strategi lainnya. Dengan menggunakan mixed strategy biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 57.204.000,00, untuk level strategy sebesar Rp 65.904.000,00 dan chase strategy sebesar Rp 62.079.000,00

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jebt

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEBT is a place for Accounting, Management, Economics, and sharia economic studies related to business practices including taxation aspects so that they can contribute to practitioners and academics in the field of business and applied ...