JURNAL BIOSHELL
Vol 9 No 1 (2020): April

Perbandingan Penggunaan Pupuk Organik Cair (POC) Gedebog Pisang (Musa Paradisiaca L) Dengan Pupuk Organik Cair (POC) Serabut Kelapa (Cocos Nuciefera L) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis (Zea Mays L Saccharata)

Achmad Baihaki (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember)
Diah Sudiarti (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember)
Imam Bukhori Muslim (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2020

Abstract

Jagung Manis adalah salah satu jenis sayuran yang disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan enak serta bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, beberapa vitamin, dan mineral serta kadar gulanya relatif tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tanaman jagung manis. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola empat perlakuan. Pemberian POC GP, POC SK, K+ dan K- dengan 3x pengulangan. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa rata – rata pemberian pupuk kimia terhadap tinggi tanaman Jagung Manis lebih baik dengan rata – rata 60.53 dibandingkan dengan pemberian POC SK rata – rata 57.77dan pemberian POC GP rata – rata 56.47 dan K- rata – rata 43.19. Untuk jumlah daun diketahui bahwa rata – rata pemberian pupuk kimia terhadap jumlah daun Jagung Manis lebih baik dengan rata – rata 6.79 dibandingkan dengan pemberian POC SK rata – rata 6.71 dan pemberian POC GP rata – rata 6.54 dan K- rata – rata 5.74. Kata kunci : Pupuk Organik Cair (POC), Gedebog Pisang (GP) , Serabut Kelapa (SK)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...