Unilib: Jurnal Perpustakaan
Vol. 11 No. 2 2020

Hubungan Penggunaan Perpustakaan Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangunrejo

Sih Rinanti (SD Negeri Mangunrejo Magelang)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Keberadaan Perpustakaan sekolah pada saat ini sangat penting, terutama untuk sekolah yang terletak jauh dari pusat kota dan sulit mendapatkan jaringan internet. Hal ini menyebabkan perpustakaan sekolah dapat difungsikan dengan baik. Perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat pembelajaran dan sumber rujukan/referensi menyebabkan layanan dan koleksi perpustakaan harus selalu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan Penelitian dan kepuasan penggunanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan teknik megumpulkan data yang terdiri atas : Observasi, Peneliti mengadakan pengamatan langsung di SD Negeri Mangunrejo; interview, Peneliti mewawancarai narasumber, dalam hal ini guru KL IV SD Negeri Mangunrejo, dan Studi Pustaka. Selain Observasi dan interview peneliti juga menggunakan beberapa sumber relevan sebagai referensi pengumpulan informasi baik berupa buku cetak maupun artikel ilmiah elektronik. Penulis menggunakan metode penelitian ini karena, penelitian ini mudah dilakukan dan dengan teknik ini peneliti mendapatkan data yang valid dan akuntabel. Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang aktif menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sarana belajar dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Hal ini memotivasi siswa yang kurang aktif menggunakan perpustakaan untuk memanfaatkan layanan-layanan yang ada.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

unilib

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi ...