TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2019): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DI TAMAN KANAK-KANAK

Nuraeni Nuraeni (Universitas Negeri Makassar)
Intisari Intisari (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mengetahui adanya pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak. dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Kegiatan metode proyek yang dilakukan adalah Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri, mengurutkan angka 1-20, menyusun pola balok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen sederhana. Dengan desain penelitian One GroupPretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan perolehan nilai yang dibandingkan sebelum diberikan perlakuan dengan nilai T hitung (136) > T tabel (30) dan Z hitung (3.51) > Z tabel (1,645), dengan demikian bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang memuat tentang hasil pemikiran dan penelitian terkait pendidikan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyediakan forum akademis bagi para ahli, peneliti dan praktisi pendidikan terkait dengan ...