ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan relokasi Pasar Youtefa Kota Jayapura yang dilihat dari empat indikator yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi serta mengetahui dampak yang dihasilkan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dan sumber data berasal dari data primer (Pedagang Pasar Youtefa dan masyarakat atau para pembeli) dan sekunder (laporan dan dokumen-dokumen resmi). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data maka digunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan indikator sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi, maka diketahui bahwa Pasar Youtefa ini sudah layak untuk direlokasi. Hasil ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah untuk merelokasi pasar ini sudah tepat. Di lain pihak, jika dilihat dari indikator komunikasi maka Pasar Youtefa belum layak untuk direlokasi karena masih banyak pedagang dan pembeli yang tidak setuju dengan alasan bahwa pasar yang baru nanti akan sepi pembeli. Hal ini sangat memungkinkan karena dengan belum adanya transportasi menuju ke pasar yang baru maka lokasi pasar menjadi sulit sehingga berpotensi menambah biaya transportasi. Kata kunci : Implementasi, Kebijakan pemerintah, Pasar, Relokasi, Pedagang, Pembeli
Copyrights © 2021