BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Binomial

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Mutiara Ara (Universitas Muslim Maros)
Pertiwi Indah Lestari (Universitas Muslim Maros)
Nurhidayah Nurhidayah (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 3 Maros. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas ekperimen diberi perlakuan dengan pemberian media pembelajaran Google Classroom sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakaan model pembelajaran biasa (Whatshapp). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 nomor yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25 yang diajar dengan model Google Classroom pada kelas Eksperimen dengan nilai rata-rata = 81,97 dan standar deviasi 74,53 sedangkan kelas Kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional yang nilai rata- rata 85,564 dan standar deviasi = 10,029. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS Versi 23 uji t diperoleh diperoleh nilai sig sebesar 0,002 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa analisis hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Google Classroom dan kelas yang menggunakan model pembelajaran biasa (whatsapp) di kelas XI SMA Negeri 3 Pangkep pada materi Sistem Ekskresi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...