Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kegiatan pembelajaran matematika tentang barisan dan deret aritmatika, sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis melakukan penelitian di SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi. subyek penelitian berjumlah 42 siswa yang duduk dikelas IX-D. Penelitian menggunakan Tindakan Kelas dengan 2 siklus, setiap siklus melalui empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan setelah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan (Pra Siklus) diperoleh rata-rata 54,40. Pada siklus kesatu mencapai rata-rata 71,19 dan Siklus kedua mencapai rata-rata 80,71. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada prosentase proses belajar dan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan sesudah dilakukan tindakan baik pada siklus kesatu maupun siklus kedua. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerpan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika dari 57,14 % siklus 1 menjadi 88,10 % pada siklus 2, hal ini berarti ada peningkatan sebesar 30,96 % .
Copyrights © 2021