Penelitian ini menghasilkan produk berupa konten mata pelajaran sosiologi yang dikembangkan kedalam berbagai format yaitu visual dan audio-visual dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Pengembangan ini dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan kinerja belajar peserta didik dan menambah media belajar yang variatif terhadap mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan tahapan model Dick and Carey, yaitu Asess Needs to Identify goal(s), Conduct Instructional Analysis, Analyze Learners and Contexts, Write Performance Objectives, Develop Assessment Instruments, Develop Instructional Strategy, dan pada tahap ketujuh, Develop and Select Instructional Materials menggunakan model pengembangan ke dua, yaitu Decide, Design, Develop and Evaluation (DDD-E). Nilai rata-rata yang diperoleh sebagai berikut: Ahli materi sebesar 3,84 kategori sangat baik, Ahli media pembelajaran sebesar 3,65 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata dari hasil uji coba one to one adalah sebesar 3,4 kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengembangan konten di media sosial Instagram pada penelitian ini dapat memfasilitasi peserta didik mempelajari mata pelajaran sosiologi.
Copyrights © 2021