Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Prioritas Strategi Pemasaran Biji Kopi Panggang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Lestari Coffee Roasters

Mega Anjani (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Dwi Aulia Puspitaningrum (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Nanik Dara Senjawati (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prioritas alternatif strategi yang tepat dalam upaya pengembangan pangsa pasar pada Lestari Coffee Roasters berdasarkan bauran pemasaran di Lestari Coffee Roasters. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan studi kasus dan metode penentuan responden menggunakan metode purposive. Macam data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan, serta kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah EFE (External Factor Evaluation), IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks IE (Internal-External), dan AHP (Analitycal Hierarchy Process). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor bauran pemasaran yang menjadi prioritas utama dalam penyusunan strategi pemasaran biji kopi panggang pada Lestari Coffee Roasters berturt-turut adalah orang, tempat, promosi, proses, sarana fisik, harga, dan produk. Alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas bagi Lestari Coffee Roasters yaitu pengembangan produk, Integrasi, pengembangan pasar, dan penetrasi pasar. Kata kunci : strategi pemasaran, bauran pemasaran, AHP, prioritasProgram Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...