Jurnal Lokabmas Kreatif : Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif
Vol 2, No 2 (2021)

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEMBINAAN STRATEGIS PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

Agus Mulyono (Universitas Pamulang)
Aod Abdul Jawad (Universitas Pamulang)
Yusup Purwanto (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan dalam rangka memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat melalui pelatihan bagaimana cara meningkatkan daya saing produk UMKM di wilayah Kelurahan Cipondoh Makmur Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang yang sampai saat ini sudah memiliki 65 unit usaha. Hasil kegiatan PKM menunjukan bahwa permasalahan mitra, dengan adanya pandemic covid 19 yang mana semakin banyak orang melakukan usaha tambahan sehingga persaingan semakin ketat. Para pelaku UMKM Cipondoh Makmur harus mencari strategi untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi persaingan global tersebut . Kami berinisiatif membantu para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kelurahan Cipondoh Makmur bagaimana membuat langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk UMKM dengan melakukan inovasi. Keunggulan bersaing berbasis inovasi dan kreativitas harus lebih diutamakan karena mempunyai daya tahan dan jangka waktu lebih panjang. Selain penyampaian materi melalui pelatihan atau seminar, tim PKM juga menawarkan beberapa alternatif solusi usaha kecil untuk menambah pemasukan tanpa menggunakan modal. Para pelaku UMKM bisa diajak kerjasama dengan salah satu usaha yang sedang dijalankan oleh dosen pemberi materi pelatihan. Metode kegiatan yang digunakan adalah melakukan teknik marketing yang berbeda dengan teknik atau strategi yang sudah ada. Teknik marketing atau pemasaran tersebut dinamakan dengan Teknik Marketing Flywheel merupakan sebuah model strategi marketing yang berfokus pada pengalaman pelanggan. Strategi ini mampu menunjukkan bagaimana bisnis akan mampu bertumbuh pesat jika mengedepankan kepuasan pelanggan alih-alih hanya menetapkan target jumlah penjualan yang sebanyak-banyaknya. Harapannya kedepan pelatihan yang diberikan dapat membantu dan manfaatnya dapat berkelanjutan baik kepada keluarga yang mengikuti pelatihan maupun lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLKK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Lokabmas Kreatif : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juli dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak ...