JESA
Vol 5 No 1 (2021): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KOTIF SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nandang Kusnandar (PGSD STKIP Sebelas April)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Lembursitu Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2019/2020, khususnya pada materi penjumlahan bilangan bulat. Hasil observasi awal sebelum dilakukan tindakan, dari 25 siswa hanya 9 siswa atau 36% yang dinyatakan tuntas sesuai dengan KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran kartu kotif. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa yang diperoleh pada siklus I dari 25 orang siswa yang mendapatkan kategori baik mencapai 52%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 88%. Hasil belajar siklus I, rata-ratanya hanya sebesar 72,4 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh hanya sebesar 76%, sedangkan siklus II, mengalami peningkatan mencapai 80,8. dengan persentase ketuntasan klasikal menjadi 88%. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran kartu kotif dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Lembursitu Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...