JESA
Vol 5 No 1 (2021): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

PENGGUNAAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Yusfita Yusuf (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis pada siswa SMP. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis tersebut, perlu diadakan perubahan dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pendekatan pembelajaran Metaphorical Thinking dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Darmaraja Sumedang tahun pelajaran 2018/2019 dan mengambil sampel 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII E yang masing-masing berjumlah 28 dan 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Tes terdiri dari tes awal dan tes akhir yang berupa tes kemampuan literasi matematis. Hasil tes siswa diolah untuk memperoleh data indeks gain, selanjutnya data indeks gain diuji dengan uji dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa speningkatan kemampuan literasi matematis yang memperoleh pembelajaran Metaphorical Thinking lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...