Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis pada siswa SMP. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis tersebut, perlu diadakan perubahan dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pendekatan pembelajaran Metaphorical Thinking dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Darmaraja Sumedang tahun pelajaran 2018/2019 dan mengambil sampel 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII E yang masing-masing berjumlah 28 dan 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Tes terdiri dari tes awal dan tes akhir yang berupa tes kemampuan literasi matematis. Hasil tes siswa diolah untuk memperoleh data indeks gain, selanjutnya data indeks gain diuji dengan uji dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa speningkatan kemampuan literasi matematis yang memperoleh pembelajaran Metaphorical Thinking lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2021