JESA
Vol 5 No 2 (2021): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Pembagian pada Siswa Kelas II SDN Malaka Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021

Gina Gustina Nurlatifah (STKIP Sebelas April Sumedang)
Sutarman (STKIP Sebelas April Sumedang)
Windu Mandela (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dalam materi pembagian pada siswa kelas II. Metode yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi pembagian ini adalah metode pembelajaran two stay two stray. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dan tanggapan siswa dalam penerapan metode pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis materi pembagian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode two stay two stray, dan tanggapan siswa dalam penerapan metode two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis materi pembagian. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen, dengan desain penelitian Pra Experimen Design dengan tahap pertama adalah pemberian soal prestest, selanjutnya adalah pemberian perlakuan, dan terakhir pemberian soal posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Malaka.Berdasarkan analisis data tes yang telah diujikan, penerapan metode pembelajaran two stay two stray berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis materi pembagian yang telah dilaksanakan di kelas II. Hal ini dibuktikan hasil uji t, dengan taraf signifikan 5% bahwa thitung > ttabel ( 15,515 > 2,064). Hal ini didukung dengan kenaikan nilai rata-rata pretes 58,2 dan post-test 77,2. Hasil tanggapan siswa, sebagian besar siswa setuju terhadap pernyatan positif dan tidak setuju terhadap pernyataan negatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...