JESA
Vol 5 No 2 (2021): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Dalam Materi Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Rika Rosita (STKIP Sebelas April Sumedang)
Rokayah (STKIP Sebelas Arpil Sumedang)
Asep Ganjar Wiresna (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Team Quiz. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan tiga tahap dalam analisis data, reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian perolehan presentase sebelum dilakukan tingkat aktivitas siswa hanya mencapai 64% dan hasil belajar siswa 13,33%, sampai dengan siklus II yang mengalami peningkatan dengan presentasi tingkat aktivitas siswa 77,33 % dan hasil belajar siswa 73,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Quiz mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Cipunagara Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...