Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 6 No 2 (2021): Mei

PENGARUH FAKTOR – FAKTOR SPILLOVER EFFECT IPO TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM PASAR PESAING (Studi Empiris Di Perusahaan Manufaktur Sector Industry Barang Konsumsi Di BEI)

Rahma Wiyanti (Unknown)
Siti Hailatul Fikriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2021

Abstract

Penelitian ini ingin menganalisa bahwa factor informasi terkait IPO apa yang memiliki pengaruh terhadap harga pasar saham pesaing di Bursa Efek Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa informasi terkait IPO saham yang terungkap melalui proses penawaran umum, berdampak negative terhadap harga saham perusahaan pesaing. Selain itu, pencatatan saham IPO tampaknya berdampak buruk terhadap permintaan saham perusahaan pesaing. Secara khusus, diantara pengaruh spillover effect, pengaruh persaingan sangat besar, dan factor-faktor yang mempengaruhi daya saing relative dalam industry pesaing dan perusahaan IPO, seperti kondisi pasar, penawaran saham, daya saing relative, ditemukan memiliki pengaruh yang substansial pada harga saham pesaing.. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sample adalah perusahaan manufaktur sector industry barang konsumsi yang tidak melakukan IPO tahun 2020. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya spillover effect pada saat IPO dengan ditunjukkan variabel kondisi pasar dan penawaran saham berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham perusahaan pesaing.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...