Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 6 No 2 (2021)

ANALISIS PERBANDINGAN RESTITUSI PPN SEBELUM DAN SESUDAH APLIKASI E-FAKTUR TERHADAP CASH FLOW (Studi Kasus Di Cv. Setia Jaya)

Asriani Natong (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan proses restitusi PPN sebelum dan sesudah adanya aplikasi e-Faktur, untuk mengetahui analisa perbandingan hasil restitusi PPN sebelum dan sesudah aplikasi e-Faktur terhadap cash flow di CV. Setia Jaya dan untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaan agar di masa mendatang restitusi dapat mencapai hasil yang maksimal, efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian eksploratif, komparatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan proses restitusi sebelum dan sesudah aplikasi e-Faktur yaitu pada proses dan prosedur dalam tiap tahapannya dan verifikasi data. Dalam pengaruhnya terhadap cash flow, hasil restitusi tidak berdampak pada current ratio karena posisinya masih diatas angka 1. Sedangkan pada quick ratio terjadi penurunan sampai ke angka 0,91 pada tahun 2017. Dampak yang lebih signifikan adalah pada cash ratio yang berada dibawah 0,1 karena likuiditas dari dana tunai mengendap yang disebabkan oleh lebih bayar PPN. Upaya perusahaan adalah lebih memperhatikan kelengkapan dokumen, menjalin hubungan yang lebih baik dengan supplier dan customer, mengikuti seminar dan pelatihan serta perencanaan pajak agar di masa mendatang restitusi PPN dapat mencapai hasil yang maksimal, efektif dan efisien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...