SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri
Vol 18, No 2 (2021): Juni 2021

Peningkatan Kualitas Pelayanan Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana dengan Menggunakan Metode Servqual dan QFD

Ismail Kurnia (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Krisnadwipayana)
Prima Fithri (Andalas University)
Vera Lumban Raja (Universitas Krisnadwipayana)



Article Info

Publish Date
12 May 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan pengguna terhadap layanan di Fakultas Teknik Univeristas Krisnadwipayana dan mengetahui tingkat prioritas kebutuhan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas layanan berdasarkan dimensi kualitas layanan. Ini dilakukan dengan menggunakan metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD). Ditemukan bahwa keseluruhan dari atribut tidak memenuhi ekspektasi pengguna karena terdapat gap negatif. Pemeringkatan gap, untuk semua dimensi, adalah dimensi responsiveness, tangibles, empathy, reliability, dan assurance. Ini menunjukkan bahwa ekspektasi pengguna belum terpenuhi. Manfaat utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan harapan pengguna terhadap layanan yang diberikan serta mendapatkan prioritas perbaikan yang akan diambil oleh Fakultas Teknik Univeristas Krisnadwipayana.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sitekin

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

Sesuai dengan standard ISO 45001 bahwa karyawan harus berpartisipasi dalam melakukan pencegahan kecelakaan. Untuk itu perusahaan telah menetapkan Program Hazob (Hazard Observation) untuk mengidentifikasi bahaya dan melakukan tindakan koreksinya. Penerapan Program Hazob masih dengan metode ...