Orang tua merupakan pendidik pertama dalam lingkungan keluarga, karena lingkungan keluarga merupakan tempat meletakkan dasar bagi kepribadian dan karakter anak. Pendidikan antikorupsi sejak dini ditanamkan oleh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman orang tua tentang pendidikan antikorupsi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif melalui wawancara dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian pada kategori perilaku orang tua terdapat rasio perilaku pendidikan antikorupsi dalam kategori buruk yaitu hanya 1 orang tua dari 100 orang tua siswa yang belajar dan dalam kategori sedang hanya terdapat 2 orang tua siswa. Hasil analisis perilaku guru yang terdapat pada rasio perilaku pendidikan antikorupsi menunjukkan tidak ada yang termasuk dalam kategori buruk pendidikan antikorupsi dan terdapat 2 guru yang termasuk dalam kategori cukup. Buku yang digunakan adalah buku untuk kelas 1 hingga kelas 6 dengan tema yang beragam sesuai dengan kurikulum 2013. Hanya 2 kategori buku SD yang didapat, yaitu kurang dan cukup
Copyrights © 2021