Journal of Computer and Information Systems Ampera
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Computer and Information Systems Ampera

Perencanaan Strategi SI/TI menggunakan metode Ward and Peppard (Studi Kasus: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Bengkayang)

Oktaviana Ayu (Universitas Kristen Satya Wacana)
Agustinus Fritz Wijaya (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Sistem Informasi merupakan sebuah keterkaitan antara manusia, prosedur, serta penggunaan teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyebarkan dan menyajikan informasi yang digunakan oleh suatu proses bisnis dalam organisasi. Tujuan penulisan adalah peneliti dapat menghasilkan perencanaan strategis sistem informasi di Dinas Pendidiikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Perencanaan strategis SI / TI Disdikbud Kab. Bengkayang dilakukan dengan metode Ward and Peppard, tahapannya antara lain menganalisis lingkungan bisnis internal dan eksternal organisasi, menganalisis SI / TI internal dan eksternal organisasi, dilanjutkan dengan proses penentuan strategi dan merancang portofolio. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bengkayang saat ini penerapan SI/TI nya belum maksimal dan masih terdapat beberapa kekurangan dalam pemanfaatan SI / TI pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang perlu dikembangkan dan diimplementasikan untuk membantu kemajuan. Perlu merancang strategi dalam proses bisnis untuk bersaing atau mendapatkan peluang dan memperbaiki kondisi. Dengan strategi yang baik dan matang, rencana siap menghadapi persaingan dan tantangan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journal-cisa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Computer and Information Systems Ampera (Journal-CISA) is an online journal that organized and managed independently by the consortium of informatics lecturers. Journal-SEA is an open-access journal that is provided for researchers, lecturers, and students who will publish research ...