Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi
Vol 9 No 1 (2021)

MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN YANG DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN EXPERIENTIAL MARKETING

Kuwat Lailatun Nafiah (Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)
M. Trihudiyatmanto (Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, brand image, dan experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Loyalitas pelaggan sangat penting bagi perkembangan sebuah perusahaan, karena dengan adanya loyalitas mampu meningkatkan laba perusahaan. Sampel penelitian ini adalah mahasiwa fakultas ekonomi dan bisnis Unsiq pengguna sepeda motor merek Honda. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan purposive sampling melalui kuesioner dengan skala likert. Metode analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan pengujian hipotesis Goodness of Fit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, experiential marketing tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk, brand image, dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, experiential marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Experiential marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening, kualitas produk dan brand image tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekobis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali secara berkala (setiap 6 bulan) pada bulan Juni dan Desember dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang Ilmu Manajemen dan Akuntansi berupa kajian konseptual dan hasil ...