Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan
Vol 4, No 1 (2021): Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan

Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Masa New Normal

Fitria Kasih (Unknown)
Suryadi Suryadi (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Triyono Triyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

Banyaknya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran daring pada new normal menjadi dasar pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini. PkM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru-guru di SMK dan SMA DEK agar mampu menciptakan kerjasama atau kolaborasi dalam proses pembelajaran pada masa new normal sehingga dengan terciptanya kerjasama maka akan terbentuk iklim belajar yang baik dan efektif sehingga tujuan sekolah bisa tercapai. Pelaksanaan PkM ini dilaksanakan secara daring mengunakan platform Google Meet. Kegiatan PkM ini diikuti oleh Guru SMK dan SMA DEK sebanyak 23 orang Guru. Kegiatan ini merupakan dialog interaktif dengan Guru SMA dan SMK DEK. Metode yang digunakan dalam PkM ini yaitu memaparkan materi (ceramah), diskusi dan tanya jawab, serta pemaparan masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran. Proses dialog interaktif dipandu langsung oleh TIM PkM. Hasil yang diperoleh adalah bahwa para Guru sangat antusias, serius dan dapat mengaplikasikan bentuk kolaborasi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Kolaborasi, Pembelajaran, Guru

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education

Description

Articles published by the focus and scope of community service activities are: 1. Education, 2. Social, 3. Human resource development, 4. Health, 5. Appropriate technology 6. Human development and national competitiveness 7. Small and medium enterprises and environmentally sound technological ...