Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 3 (2021): Edisi Agustus 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SD KELAS V

Niswatun Husna (Universitas Mataram)
Khairunnisa Khairunnisa (Universitas Mataram)
Husniati Husniati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V di SDN Gugus 09 Kecamatan Praya, Kab. Lombok Tengah Tahun 2020/2021. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 09 Kecamatan Praya, Kab. Lombok Tengah, sedangkan sampelnya adalah kelas V SDN Batubangka sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Kekere sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dan tes tulis. Data hasil belajar siswa berupa pretest dan posstest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov, kemudian di uji homogenitas dengan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian di analisis menggunakan uji hipotesis sehingga diperoleh thitung sebesar 4,575 dan ttabel sebesar 2,014 pada taraf kepercayaan 5%. Bahwa data tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar PPKn siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...