E-JUPEKhu
Vol 9, No 2 (2021)

Efektivitas I-CHAT Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Pola Kalimat Bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang

Vebbyo Syaputri (Universitas Negeri Padang)
Jon Efendi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini disebabkan oleh adanya anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam pelajaran Bahasa Indonesia dimana setiap kali diberikan tugas untuk menulis teks narasi sederhana, anak membuat kalimat yang sulit dipahami karena tidak sesuai dengan struktur dan pola kalimat. Anak mengalami kesulitan menyusun kalimat terutama yang memiliki pola S-P-O-K. I-CHAT (I Can Hear and Talk) diberikan untuk mendukung pembelajaran yang mengharuskan anak tunarungu untuk menyusun kalimat dengan pola yang benar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Z hitung sebesar -2,023 dan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,043 dengan α sebesar 5% atau 0,05. Diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed)= 0,043 < α=0,05, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha yang berbunyi “I-CHAT (I Can Hear and Talk) efektif untuk meningkatkan keterampilan menyusun pola kalimat pada anak tunarungu” dapat diterima kebenarannya. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...