Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 14, No 1 (2021): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Zuhur Fardani (Mas Al-Washliyah Km.6)
Edy Surya (Universitas Negeri Medan)
Mulyono Mulyono (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap Kepercayaan diri (self confidence) siswa setelah pelaksanaan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa MAS Al-Washliyah Km. 6 Medan, Kelas XI-A yang berjumlah 30 orang. Kemudian dipilih subjek wawancara berdasarkan kategori kecerdasan logis matematis dan pola jawaban yang dominan pada setiap kategori. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kepercayaan diri (self confidence) siswa setelah diterapkan model problem based learning didapat bahwa dari 30 siswa terdapat 6 siswa yang memiliki keepercayaan diri (self confidence) kategori tinggi, 20 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 4 siswa yang memiliki kategori rendah. (2) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kecerdasan logis matematis siswa a) pada kategori tinggi dan sedang, siswa mengalami kesulitan pada kategori pemecahan masalah; b) pada kategori rendah, siswa mengalami kesulitan pada kategori konsep dan pemecahan masalah.Kata Kunci: Kepercayaan Diri Siswa, Self-Confidence, Model Problem Based Learning

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...