Jurnal CARE
Vol 9, No 1 (2021)

Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD Selama Masa New Normal Covid-19.

Diana Rosidah (Universitas Negeri Surabaya)
Sri Widayati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Abstrak Pada masa new normal Covid-19 terdapat beberapa guru yang mengalami penurunan kedisiplinan. Peneliti tertarik untuk mengetahui implementasi peran kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD Selama Masa New Normal Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah dan 4 guru di RA IU. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purporsive sampling. Analasis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi 3 tahapan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang 5 indikator peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. 5 indikator tersebut yaitu peran sebagai pendidik (educator), mengikutsertakan guru dalam pelatihan, seminar, dll, melatih public speaking, membantu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mendorong guru menciptakan model pembelajaran yang menarik. Leader (pemimpin), membangun hubungan komunikasi yang baik dan membimbing guru dalam memahami IPTEK. Administrator, mengelola administrasi sekolah dan pengembangan kurikulum. Supervisor, dengan membantu guru menyelesaikan masalah. Motivator, menjadi teladan yang baik, memberikan reward dan punishment, memberi suasana kerja yang nyaman, dan menpengaruhi, mengajak, dan menginspirasi guru untuk selalu meningkatkan kompetensi diri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...